Skip to main content

Posts

Me, Myself, and Blog

Recent posts

Tidur, Yuk! Biar Langsing, eh, Sehat!

Bangun tidur, tidur lagi Bangun lagi, tidur lagi Bangunnnn, tidur lagi Abis bangun terus mandi Jangan lupa senam pagi Kalau lupa…. tidur lagi Sebuah lirik lagu yang ringan dan lucu. Sedikit nyeleneh dengan liriknya yang sederhana namun sangat menghibur. jadi pengen tanya, apa bener, tidur bisa angsing? Tidur tampak seperti kegiatan yang sepele dan tidak membutuhkan usaha atau persiapan apapun. Hanya tinggal rebahan, tempel kepala di atas bantal, dan… have nice dream… sampai jumpa besok pagi. Ternyata, tidak sesederhana itu, dalam islam saja tidur itu membutuhkan persiapan, ada beberapa adab yang biasa dilakukan Rasulullah menjelang tidur, diantaranya; Waktu tidur yang dianjurkan itu adalah selepas shalat Isya. Hendaknya Anda dalam keadaan suci atau mempunyai wudu. Membersihkan pembaringan terlebih dahulu dari debu, kotoran, atau apapun yang mungkin mengotori tempat tidur dengan cara mengibas dengan sapu lidi, kain, atau telapak tangan. Tidak telungkup, lebih disarankan tidur dengan

TELINGA ANTI LAPAR

Pernah saya disarankan oleh seorang teman, untuk menjalani die dengan cara akupuntur telinga. Katanya sih banyak yang berhasil, penasaran dong, murah pula tarifnya. Datanglah saya ke alamat yang teman berikan. Dan memang sangat luar biasa melihat kondisi saat itu. Sebuah klinik yang menempati bangunan rumah besar, di tengah komplek perumahan   elit, dan begitu ramai dengan pengunjung. Disitulah saya baru mengetahui bahwa tempat tersebut adalah klinik kecantikan khusus body shaping dan skincare. Tempat sebesar ini hanya dikelola seorang dokter perempuan setengah baya, dengan puluhan perawat laki-laki dan perempuan, yang lebih mirip seperti karyawan hotel berbintang empat dari pada perawat klinik, semuanya ramah. Tempat nyaman, namun cukup mengerikan ketika mulai memasuki loby. Terdengar suara seperti percikan kabel listrik konslet berulang-ulang, di salah satu ruangan kaca bertirai biru di dalamnya, kadang terlihat juga kilatan-kilatan cahaya seperti petir. Mulailah saya ber

SI UNGU

Mengatur pola makan, bukan berarti tidak memakan satu atau beberapa jenis makanan sama sekali, namun kita dituntut juga untuk lebih selektif dalam menentukan bahan makanan yang dipakai dan komposisi yang tepat. Membeli makanan siap saji kadang sangat membantu, karena kita tidak perlu repot dan bisa menikmati makanan apapun setiap waktu. namun kita tidak tahu kandungan apa yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan yang di pakai sudah memenuhi standar kesehatan? Apalagi untuk orang yang sedang dalam program pengaturan pola makan, kasang beberapa takaran bahan makanan harus ditambah atau dikurangi. Untuk amannya, cobalah membuat kudapan sendiri, dengan bahan yang mudah didapat, namun tetap dapat memberi kepuasan lahir batin untuk para penikmat makanan.  Salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia adalah ubi jalar.  Ada beberapa jenis ubi jalar, namun ubi ungu disebut-sebut memiliki lebih banyak manfaat daripada jenis ubi lainnya, karena dalam ubi ungu terdapat b

SEGAR DAN MENGENYANGKAN

Suasana menjelang bulan Ramadan udah mulai kerasa aja nih. Apalagi kalau lihat tayangan iklan di TV, mulai berseliweran iklan sirop, kurma, suplemen, dan aneka hidangan khas bulan puasa. Kolang-kaling adalah salah satu hidangan khas di keluarga kami. Biasa dihidangkan sebagai campuran kolak atau es campur. Namun satu yang menjadi kenangan, manisan Kolang-kaling beraneka warna yang ditusuk bambu seperti sate, biasa terhidang saat lebaran. Rasa segar Kolang-kaling sangat khas, dalam kondisi mentah, rasa masam dan berlendir menjadi ciri khasnya. Tapi dengan pengolahan yang pas, Kolang-kaling sangat enak untuk dinikmati di segala kondisi bisa dalam hidangan panas atau dingin. Untuk yang sedang menjalani program diet pun, Kolang-kaling bisa menjadi alternative pilihan. Selain segar, gelatin alami yang terkandung di dalamnya bisa membuat kenyang lebih cepat. Banyak zat yang terkandung dalam kolang-kaling. Fakta nutrisi yang terkandung dalam 100 gram Kolang-kaling, di

JURUS SEHAT RASULULLAH

Zaman kian modern, segalanya serba gampang dan serba instan, gaya hidup modern menjadikan pola makan ikut berubah, akibatnya banyak penyakit-penyakit bermunculan dan rata-rata bersumber dari perut. Rasulullah ﷺ merupakan suri tauladan bagi kita, termasuk dalam gaya hidup dan pola makan sehari-hari, Anda bisa mempalajarinya dalam buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar. Mari ikuti sunnahnya dan jadilah muslim yang sehat! Banyak penyakit yang bersumber dari perut, apa yang kita makan akan mempengaruhi tubuh kita. Jika kita terkena penyakit, pasti ada sesuatu yang salah dengan apa yang kita makan sehari-hari. Padahal, kita bisa mencontoh pola makan dan gaya hidup Rasulullah ﷺ, seperti memakan buah sebelum makan besar, berhenti makan sebelum kenyang atau anjuran membagi isi perut dengan seimbang, sehingga kemampuan tubuh mencerna makanan bisa lebih maksimal. Masih banyak pola makan dan gaya hidup Rasulullah yang bisa kita contoh dan tentu akan membuat t

JUICE FOR YOU

Sehat itu asem, sepet, kadang pahit, pokonya gak ada manis-manisnya deh, tapi nyegerin! Hihi kok bisa? Sudah seminggu ini saya berganti langganan supplier jus. Asalnya jus berbungkus plastik yang diikat dengan sederhana, berukuran 200ml seharga Rp.8.000,-, rasanya manis dan diantar sampai meja. Jus yang sekarang berkemasan botol plastik 350ml, warna dan penampilan lebih menarik, harga hanya Rp.10.000,-, dikirim rutin tanpa ongkir, tapi rasanya nano-nano. Secara sepinntas aja sudah bisa dilihat, mana jus yang lebih menyehatkan, meski diketahui pemanis yang dipakai adalah gula asli. Jus langganan baru ini isinya tidak hanya satu macam buah saja, tiap harinya kiata diberi menu yang berbeda, campuran beberapa buah dan sayur, bahkan tempe organic pun masuk. Kepo dong si Saya, kok sampai tempe dibuat jus, soal rasa jangan ditanya, tegukan pertama harus pake tutup hidung. Kalo sedikit pakai pemanis sih rasanya lebih mirip kolak tape, tapi tanpa gula, silahkan bayangkan sendiri.