Skip to main content

Posts

Showing posts from 2020

TELINGA ANTI LAPAR

Pernah saya disarankan oleh seorang teman, untuk menjalani die dengan cara akupuntur telinga. Katanya sih banyak yang berhasil, penasaran dong, murah pula tarifnya. Datanglah saya ke alamat yang teman berikan. Dan memang sangat luar biasa melihat kondisi saat itu. Sebuah klinik yang menempati bangunan rumah besar, di tengah komplek perumahan   elit, dan begitu ramai dengan pengunjung. Disitulah saya baru mengetahui bahwa tempat tersebut adalah klinik kecantikan khusus body shaping dan skincare. Tempat sebesar ini hanya dikelola seorang dokter perempuan setengah baya, dengan puluhan perawat laki-laki dan perempuan, yang lebih mirip seperti karyawan hotel berbintang empat dari pada perawat klinik, semuanya ramah. Tempat nyaman, namun cukup mengerikan ketika mulai memasuki loby. Terdengar suara seperti percikan kabel listrik konslet berulang-ulang, di salah satu ruangan kaca bertirai biru di dalamnya, kadang terlihat juga kilatan-kilatan cahaya seperti petir. Mulailah saya ber

SI UNGU

Mengatur pola makan, bukan berarti tidak memakan satu atau beberapa jenis makanan sama sekali, namun kita dituntut juga untuk lebih selektif dalam menentukan bahan makanan yang dipakai dan komposisi yang tepat. Membeli makanan siap saji kadang sangat membantu, karena kita tidak perlu repot dan bisa menikmati makanan apapun setiap waktu. namun kita tidak tahu kandungan apa yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan yang di pakai sudah memenuhi standar kesehatan? Apalagi untuk orang yang sedang dalam program pengaturan pola makan, kasang beberapa takaran bahan makanan harus ditambah atau dikurangi. Untuk amannya, cobalah membuat kudapan sendiri, dengan bahan yang mudah didapat, namun tetap dapat memberi kepuasan lahir batin untuk para penikmat makanan.  Salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia adalah ubi jalar.  Ada beberapa jenis ubi jalar, namun ubi ungu disebut-sebut memiliki lebih banyak manfaat daripada jenis ubi lainnya, karena dalam ubi ungu terdapat b

SEGAR DAN MENGENYANGKAN

Suasana menjelang bulan Ramadan udah mulai kerasa aja nih. Apalagi kalau lihat tayangan iklan di TV, mulai berseliweran iklan sirop, kurma, suplemen, dan aneka hidangan khas bulan puasa. Kolang-kaling adalah salah satu hidangan khas di keluarga kami. Biasa dihidangkan sebagai campuran kolak atau es campur. Namun satu yang menjadi kenangan, manisan Kolang-kaling beraneka warna yang ditusuk bambu seperti sate, biasa terhidang saat lebaran. Rasa segar Kolang-kaling sangat khas, dalam kondisi mentah, rasa masam dan berlendir menjadi ciri khasnya. Tapi dengan pengolahan yang pas, Kolang-kaling sangat enak untuk dinikmati di segala kondisi bisa dalam hidangan panas atau dingin. Untuk yang sedang menjalani program diet pun, Kolang-kaling bisa menjadi alternative pilihan. Selain segar, gelatin alami yang terkandung di dalamnya bisa membuat kenyang lebih cepat. Banyak zat yang terkandung dalam kolang-kaling. Fakta nutrisi yang terkandung dalam 100 gram Kolang-kaling, di

JURUS SEHAT RASULULLAH

Zaman kian modern, segalanya serba gampang dan serba instan, gaya hidup modern menjadikan pola makan ikut berubah, akibatnya banyak penyakit-penyakit bermunculan dan rata-rata bersumber dari perut. Rasulullah ﷺ merupakan suri tauladan bagi kita, termasuk dalam gaya hidup dan pola makan sehari-hari, Anda bisa mempalajarinya dalam buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar. Mari ikuti sunnahnya dan jadilah muslim yang sehat! Banyak penyakit yang bersumber dari perut, apa yang kita makan akan mempengaruhi tubuh kita. Jika kita terkena penyakit, pasti ada sesuatu yang salah dengan apa yang kita makan sehari-hari. Padahal, kita bisa mencontoh pola makan dan gaya hidup Rasulullah ﷺ, seperti memakan buah sebelum makan besar, berhenti makan sebelum kenyang atau anjuran membagi isi perut dengan seimbang, sehingga kemampuan tubuh mencerna makanan bisa lebih maksimal. Masih banyak pola makan dan gaya hidup Rasulullah yang bisa kita contoh dan tentu akan membuat t

JUICE FOR YOU

Sehat itu asem, sepet, kadang pahit, pokonya gak ada manis-manisnya deh, tapi nyegerin! Hihi kok bisa? Sudah seminggu ini saya berganti langganan supplier jus. Asalnya jus berbungkus plastik yang diikat dengan sederhana, berukuran 200ml seharga Rp.8.000,-, rasanya manis dan diantar sampai meja. Jus yang sekarang berkemasan botol plastik 350ml, warna dan penampilan lebih menarik, harga hanya Rp.10.000,-, dikirim rutin tanpa ongkir, tapi rasanya nano-nano. Secara sepinntas aja sudah bisa dilihat, mana jus yang lebih menyehatkan, meski diketahui pemanis yang dipakai adalah gula asli. Jus langganan baru ini isinya tidak hanya satu macam buah saja, tiap harinya kiata diberi menu yang berbeda, campuran beberapa buah dan sayur, bahkan tempe organic pun masuk. Kepo dong si Saya, kok sampai tempe dibuat jus, soal rasa jangan ditanya, tegukan pertama harus pake tutup hidung. Kalo sedikit pakai pemanis sih rasanya lebih mirip kolak tape, tapi tanpa gula, silahkan bayangkan sendiri.

DIET BERDARAH

Ada penelitian yang mengatakan bahwa golongan darah O itu mempunyai sifat paling kental dibanding dengan golongan darah lainnya. Konon katanya, ini membuat empunya cenderung lebih malas bergerak, cepat mengantuk, dan metabolismenya lambat. Perlu extra gerak badan untuk dapat membuat peredaran darah mengalir cepat, dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Kekentalan pada golongan darah O ini jugalah yang membuat diet sulit berhasil. Banyak sekali pantangan makanan untuk pemilik golongan darah O. Tapi apakah benar golongan darah menjadi salah satu penentu keberhasilan diet? Kita cek ricek dulu deh, jenis makan apa saja yang dianggap baik dan dapat dikonsumsi, atau harus dihindari pada masing-masing golongan darah. GOLONGAN DARAH O Perbanyak makanan berprotein tinggi dan makanan yang mengandung vitamin. Seafood, daging merah, minyak zaitun, rumput laut, sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan adalah pilihan terbaik untuk yang sedang program penurunan berat badan pada

BRING YOUR OWN

Salah satu penyebab "kemajuan dan perkembangan" pesat adalah makan bersama teman-teman. Karena dalam kondisi ini biasanya kita merasa gembira, dan menikmati segala yang dihidangkan, entah memang suka, sekedar mencicipi, atau menghargai sang pembuat hidangan. dalam suasana berkumpul, apalagi bersama teman lama, makanan biasa menjadi buah tangan yang paling identik. tanpa dimintapun, biasanya masing-masing akan membawa hidangan sebagai pelengkap obrolah, saya mengistilahkannya BYO, Bring Your Own.   Pertama kali saya mendengar kata  ‘ Bring Your Own ’  ketika saya duduk di bangku SMP. Kala itu Seorang guru mengajak kami ‘botram’ yaitu makan bersama dengan membawa bekal dari rumah masing-masing. Kita akan mengadakan  ‘ Potluck Party’  saat itu.  Apa sebenarnya beda botram dan  potluck party , selain dari istilah bahasa yang dipakai? Botram ini adalah istilah dari sebuah kebiasaan di Jawa Barat. Biasanya dilakukan dalam sebuah komunitas kecil di masyarakat. M

THEY KNOW YOU BY SIZE

“Biarin gendut, yang penting sehat!” “Ih, kurus itu oke loh, model aja banyak yang kurus.” “Tenang aja, toko baju big size sekarang udah banyak, ga susah nyari, murah dan lucu-lucu pula.” Banyak kalimat terlontar untuk para pemilik extraordinary size, yang sebenarnya bisa menjadi penyemangat dan tidak membuat mereka merasa berbeda. Tapi apakah benar, gendut itu sehat?   Atau apakah yang kurus pun akan terhindar dari penyakit? Tidak ada yang salah dengan badan besar atau badan yang sangat mungil - kadang orang lebih mudah dikenali dari bentuk tubuhnya - asalkan memang terjaga dengan seimbang. Memang benar! Intinya adalah bagaimana kita menyeimbangkan pola hidup kita sehari-hari. Tapi jangan terlena dengan kalimat-kalimat motivasi di atas. Menyeimbangkan ukuran badan pun sangat penting. Banyak efek yang kurang enak yang akan dirasakan dengan memiliki ukuran badan berlebih   atau overweight , diantaranya: Pergerakan badan terhambat dan tidak terlalu luwe

RESOLUSI TANPA AKSI ADALAH HALUSINASI

#TentangNiche Sampai juga di penghujung bulan Januari 2020. Belum banyak yang bisa aku lakukan, hanya membereskan tugas tertunda, menunaikan beberapa janji bertemu dengan teman, dan tetap bergentayangan di beberapa grup WA untuk belajar sedikit-sedikit tentang ini dan itu. Blog ini pun resmi berganti nama, dari "Lihat Kebunku", "My Own Planet", akhirnya menjadi "My Die(t) Planet". Tidak ada target khusus atau resolusi yang aku buat dipergantian tahun lalu, karena harapannya selalu sama, PENGEN LANGSING! 😂😂Haha… bukan-bukan, maksudnya ingin bisa selalu menjalankan hidup sehat. Tapi entah kenapa, selalu saja ada hambatan yang bikin susah sendiri, mungkin sel darah malas di badanku ini terlalu mendapat tempat nyaman. Saatnya dibasmi nih! Karena resolusi tanpa aksi adalah halusinasi. Ya Allah… ternyata selama ini aku termasuk golongan mahluk halu, tobat! Setelah hampir satu bulan mencari niche yang pas untuk blog baru ini (sempat beberapa kal