Skip to main content

SEGAR DAN MENGENYANGKAN







Suasana menjelang bulan Ramadan udah mulai kerasa aja nih. Apalagi kalau lihat tayangan iklan di TV, mulai berseliweran iklan sirop, kurma, suplemen, dan aneka hidangan khas bulan puasa. Kolang-kaling adalah salah satu hidangan khas di keluarga kami. Biasa dihidangkan sebagai campuran kolak atau es campur. Namun satu yang menjadi kenangan, manisan Kolang-kaling beraneka warna yang ditusuk bambu seperti sate, biasa terhidang saat lebaran.

Rasa segar Kolang-kaling sangat khas, dalam kondisi mentah, rasa masam dan berlendir menjadi ciri khasnya. Tapi dengan pengolahan yang pas, Kolang-kaling sangat enak untuk dinikmati di segala kondisi bisa dalam hidangan panas atau dingin.

Untuk yang sedang menjalani program diet pun, Kolang-kaling bisa menjadi alternative pilihan. Selain segar, gelatin alami yang terkandung di dalamnya bisa membuat kenyang lebih cepat. Banyak zat yang terkandung dalam kolang-kaling. Fakta nutrisi yang terkandung dalam 100 gram Kolang-kaling, diantaranya:
Energi                                   27 kkal
Protein                                   0.4 gram
Lemak                                   0.2 gram
Karbohidrat                           6 gram
Serat                                     1.6 gram
Kalsium                                91 mg
Fosfor                                   243 mg
Zat besi                                 0.5 mg
Air                                          94%

Kolang-kaling pun memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, yang yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti yang sudah umum diketahui, vitamin A membantu merawat mata dan memperkuat penglihatan, vitamin B sangat baik untuk menjaga kulit dan sel-sel dalam tubuh, dan vitamin C sangat diperlukan dalam menjaga stamina, mencegah sariawan dan influenza, juga membantu melancarkan saluran pencernaan.

Tingginya kalsium yang terkandung dalam Kolang-kaling mempunyai khasiat untuk menyehatkan tulang, mencegah osteopotosis dini. Sedangkan pada penerita penderita radang sendi, Kolang-kaling dapat membantu meredakan rasa sakit pada persendian. Hal ini karena kandungan karbohidrat dalam kolang-kaling pada umumnya bersifat galaktomanan, yaitu zat yang bersifat analgesic yang dapat membantu penderita radang sendi untuk mengurangi rasa sakitnya.

Banyak cara menghidangkan kolang-kaling, bisa menjadi campuran minuman atau dibuat manisan dan langsung dihidangkan dalam kondisi dingin. Kadang bau asam menyengat dan tekstur yang berlendir, sedikit mengganggu bagi beberapa orang. Namun hal itu dapat diatasi dengan mencuci kolang-kaling dalam air mengalir untuk menghilangkan kotoran, kemudian rendam sekitar 15 menit dalam air cucian beras. Kukus lepas dan kolang-kaling siap digunakan sebagai pelengkap makanan dan minuman, atau langsung disantap. Jika akan diberi warna, rebuslah kolang-kaling dengan sedikit air dan sirop kental, biarkan hingga air menyusut dan sirop meresap kedalam kolang kaling.




Comments

  1. Saya juga suka kolang kaling, rasanya kenyal kenyal gimana gitu.

    Bwru tahu klo bisa menjadi menu diet.

    ReplyDelete
  2. Sekarang saya sengaja simpan stok kolang kaling di kulkas, plain biar bs pakai topinh macam2 😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tidur, Yuk! Biar Langsing, eh, Sehat!

Bangun tidur, tidur lagi Bangun lagi, tidur lagi Bangunnnn, tidur lagi Abis bangun terus mandi Jangan lupa senam pagi Kalau lupa…. tidur lagi Sebuah lirik lagu yang ringan dan lucu. Sedikit nyeleneh dengan liriknya yang sederhana namun sangat menghibur. jadi pengen tanya, apa bener, tidur bisa angsing? Tidur tampak seperti kegiatan yang sepele dan tidak membutuhkan usaha atau persiapan apapun. Hanya tinggal rebahan, tempel kepala di atas bantal, dan… have nice dream… sampai jumpa besok pagi. Ternyata, tidak sesederhana itu, dalam islam saja tidur itu membutuhkan persiapan, ada beberapa adab yang biasa dilakukan Rasulullah menjelang tidur, diantaranya; Waktu tidur yang dianjurkan itu adalah selepas shalat Isya. Hendaknya Anda dalam keadaan suci atau mempunyai wudu. Membersihkan pembaringan terlebih dahulu dari debu, kotoran, atau apapun yang mungkin mengotori tempat tidur dengan cara mengibas dengan sapu lidi, kain, atau telapak tangan. Tidak telungkup, lebih disarankan tidur dengan

DIET BERDARAH

Ada penelitian yang mengatakan bahwa golongan darah O itu mempunyai sifat paling kental dibanding dengan golongan darah lainnya. Konon katanya, ini membuat empunya cenderung lebih malas bergerak, cepat mengantuk, dan metabolismenya lambat. Perlu extra gerak badan untuk dapat membuat peredaran darah mengalir cepat, dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Kekentalan pada golongan darah O ini jugalah yang membuat diet sulit berhasil. Banyak sekali pantangan makanan untuk pemilik golongan darah O. Tapi apakah benar golongan darah menjadi salah satu penentu keberhasilan diet? Kita cek ricek dulu deh, jenis makan apa saja yang dianggap baik dan dapat dikonsumsi, atau harus dihindari pada masing-masing golongan darah. GOLONGAN DARAH O Perbanyak makanan berprotein tinggi dan makanan yang mengandung vitamin. Seafood, daging merah, minyak zaitun, rumput laut, sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan adalah pilihan terbaik untuk yang sedang program penurunan berat badan pada

TELINGA ANTI LAPAR

Pernah saya disarankan oleh seorang teman, untuk menjalani die dengan cara akupuntur telinga. Katanya sih banyak yang berhasil, penasaran dong, murah pula tarifnya. Datanglah saya ke alamat yang teman berikan. Dan memang sangat luar biasa melihat kondisi saat itu. Sebuah klinik yang menempati bangunan rumah besar, di tengah komplek perumahan   elit, dan begitu ramai dengan pengunjung. Disitulah saya baru mengetahui bahwa tempat tersebut adalah klinik kecantikan khusus body shaping dan skincare. Tempat sebesar ini hanya dikelola seorang dokter perempuan setengah baya, dengan puluhan perawat laki-laki dan perempuan, yang lebih mirip seperti karyawan hotel berbintang empat dari pada perawat klinik, semuanya ramah. Tempat nyaman, namun cukup mengerikan ketika mulai memasuki loby. Terdengar suara seperti percikan kabel listrik konslet berulang-ulang, di salah satu ruangan kaca bertirai biru di dalamnya, kadang terlihat juga kilatan-kilatan cahaya seperti petir. Mulailah saya ber