Skip to main content

SI UNGU


Mengatur pola makan, bukan berarti tidak memakan satu atau beberapa jenis makanan sama sekali, namun kita dituntut juga untuk lebih selektif dalam menentukan bahan makanan yang dipakai dan komposisi yang tepat. Membeli makanan siap saji kadang sangat membantu, karena kita tidak perlu repot dan bisa menikmati makanan apapun setiap waktu. namun kita tidak tahu kandungan apa yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan yang di pakai sudah memenuhi standar kesehatan? Apalagi untuk orang yang sedang dalam program pengaturan pola makan, kasang beberapa takaran bahan makanan harus ditambah atau dikurangi. Untuk amannya, cobalah membuat kudapan sendiri, dengan bahan yang mudah didapat, namun tetap dapat memberi kepuasan lahir batin untuk para penikmat makanan. 

Salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan di Indonesia adalah ubi jalar.  Ada beberapa jenis ubi jalar, namun ubi ungu disebut-sebut memiliki lebih banyak manfaat daripada jenis ubi lainnya, karena dalam ubi ungu terdapat banyak kandungan gizi yang baik, diantaranya;  vitamin, karbohidrat, dan protein, juga dipercaya sebagai anti oksidan penangkal radikal bebas. 

Rasanya yang manis dan legit banyak disukai oleh semua lapisan masyarakat. Makanan yang termasuk kedalam jenis umbi-umbian ini, selain bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, ternyata juga memiliki khasiat yang luar biasa.

Beberapa khasiat dari ubi ungu diantaranya:
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Membatu mengurangi berat badan
  • Menunda penuaan dini
  • Meredakan peradangan
  • Mengatasi infeksi
  • Mencegah kangker
  • Mencegah pembekuan darah
  • Menjaga kesehatan hati
  • Mencegah diabetes
  • Menekan hipertensi
  • Mengobati asam urat

Selain direbus, digoreng, dan dibakar, ubi ungu sangat mudah untuk diolsh menjadi segala jenis makanan. Berikut beberapa resep sederhana berbahan dasar ubi ungu.







PUDDING UBI

Bahan-bahan;

  • 1 ubi ungu kira-kira 250 gram atau sebesar kepalan tangan
  • 3 sendok makan Krimer / susu kental manis
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 200 ml santan instan
  • 100 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 600 ml air


Cara membuat;
  1. Ubi ungu yang sudah dikukus, dihaluskan hingga lembut.
  2. Tuang air kedalam panci, masukan semua bahan lainnya dan aduk rata.
  3. Panaskan panci berisi bahan, siatas kompor dengan api kecil, aduk sampai mendidih.
  4. Angkat dan diamkan sampai uap hilang, kemudian tuangkan kedalam cetakan. Jika sudah dingin bisa di simpan dalam lemari es.





ONGOL-ONGOL UBI UNGU
Bahan-bahan;
  • 2 ubi ungu kira-kira 400-500 gram
  • 9 sdm tepung tapioka
  • 100 ml santan instan
  • 4 sdm gula pasir
  • Vanili secukupnya
  • Kelapa parut untuk taburan


Cara membuat;
  1. Ubi ungu yang sudah dikukus, dihaluskan hingga lembut.
  2. Campur ubi  dengan santan, gula pasir, tepung tapioka, vanili aduk rata. Adonan akan sedikit lembek.
  3. Siapkan Loyang yang sudah diolesi minyak.
  4. Tuang adonan dan kukus.Setelah 20 menit, angkat adonan, biarkan dingin.
  5. Potong-potong sesuai selera, lalu taburi kelapa parut selagi adonan hangat.
  6. Sajikan, enak di santap dalam keadaan dingin suhu ruangan.



Catatan, parutan kelapa bisa dikukus terlebih dahulu agar tidak cepat basi.
  





TALAM UBI UNGU
Bahan A:
  • 200 gram ubi ungu kukus dan haluskan
  • 200 ml santan
  • 70 gram tapioka
  • 30 gram tepung beras
  • 10 sdm gula halus
  • ½ sdt garam


Bahan B:
  • 30 gram tepung beras
  • 20 gram tapioka
  • 170 ml santan
  • ½ sdt garam


Cara membuat;
  1. Campurkan seluruh bahan A, bisa menggunakan blender agar ubi benar-benar tercampur halus.
  2. Campurkan seluruh bahan B di wadah yang lain. Adonan harus benar-benar tercampur dan tidak bergerindil.
  3. Oleskan cetakan dengan minyak tipis tipis.
  4. Tuang bahan A sampai ¾ cetakan. 
  5. Kukus dengan api besar selama 10 menit.
  6. Berikutnya tuang bahan B hingga penuh cetakan kukus hingga 15 mnt sampai matang.
  7. Setelah dingin keluarkan dari cerakan dan hidangkan.





MILK SHAKE UBI UNGU
Bahan-bahan;
  • 100 gram ubi rebus yang dihaluskan.
  • 400 ml susu cair / UHT
  • 2 sdm creamer
  • 2 sdm gula putih
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya.


Cara membuat;
  1. Sisihkan sebagian esbatu kedalam gelas.
  2. Masukan semua bahan kedalam blender dan giling hingga tercampur rata.
  3. Tuang campuran milk shake kedalam gelas yang sudah berisi es batu.
  4. Milk Shake siap dinikmati.






CENDOL UBI UNGU
Bahan-bahan;
  • 1 ubi ungu sebesar kepalan tangan
  • 1 bungkus jelly warna putih
  • 3 sdm tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 ml santan instan
  • Vanili secukupnya
  • Sedikit garam



Cara membuat;
  1. Haluskan ubi yang sudah direbus.
  2. Rebuslah 2 gelas air sampai mendidih.
  3. Campurkan 1 gelas air biasa dengan tepung beras, jelly, dan ubi ungu 
  4. Masukkan campuran no. 2 ke kedalam air yang sudah mendidih, kecilkan api dan aduk sampai kembali mendidih.
  5. Siapkan air dingin di wadah, adonan no. 4 dimasukkan ke plastik dan di tekan pelan2 sampai keluar adonan ke air dingin.
  6. Saring adonan dari air dingin dan tiriskan.
  7. Rebuslah gula merah dengan 1 gelas air. Masukkan vanili dan pandan. Rebus sampai gula larut.
  8. Sajikan dalam cendol bersama santan dan larutan gula jawa.
  9. Nikmati dalam keadaan dingin.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan ubi ungu.


Comments

Popular posts from this blog

JUICE FOR YOU

Sehat itu asem, sepet, kadang pahit, pokonya gak ada manis-manisnya deh, tapi nyegerin! Hihi kok bisa? Sudah seminggu ini saya berganti langganan supplier jus. Asalnya jus berbungkus plastik yang diikat dengan sederhana, berukuran 200ml seharga Rp.8.000,-, rasanya manis dan diantar sampai meja. Jus yang sekarang berkemasan botol plastik 350ml, warna dan penampilan lebih menarik, harga hanya Rp.10.000,-, dikirim rutin tanpa ongkir, tapi rasanya nano-nano. Secara sepinntas aja sudah bisa dilihat, mana jus yang lebih menyehatkan, meski diketahui pemanis yang dipakai adalah gula asli. Jus langganan baru ini isinya tidak hanya satu macam buah saja, tiap harinya kiata diberi menu yang berbeda, campuran beberapa buah dan sayur, bahkan tempe organic pun masuk. Kepo dong si Saya, kok sampai tempe dibuat jus, soal rasa jangan ditanya, tegukan pertama harus pake tutup hidung. Kalo sedikit pakai pemanis sih rasanya lebih mirip kolak tape, tapi tanpa gula, silahkan bayangkan sendiri.

Me, Myself, and Blog

 

TELINGA ANTI LAPAR

Pernah saya disarankan oleh seorang teman, untuk menjalani die dengan cara akupuntur telinga. Katanya sih banyak yang berhasil, penasaran dong, murah pula tarifnya. Datanglah saya ke alamat yang teman berikan. Dan memang sangat luar biasa melihat kondisi saat itu. Sebuah klinik yang menempati bangunan rumah besar, di tengah komplek perumahan   elit, dan begitu ramai dengan pengunjung. Disitulah saya baru mengetahui bahwa tempat tersebut adalah klinik kecantikan khusus body shaping dan skincare. Tempat sebesar ini hanya dikelola seorang dokter perempuan setengah baya, dengan puluhan perawat laki-laki dan perempuan, yang lebih mirip seperti karyawan hotel berbintang empat dari pada perawat klinik, semuanya ramah. Tempat nyaman, namun cukup mengerikan ketika mulai memasuki loby. Terdengar suara seperti percikan kabel listrik konslet berulang-ulang, di salah satu ruangan kaca bertirai biru di dalamnya, kadang terlihat juga kilatan-kilatan cahaya seperti petir. Mulailah saya ber