Skip to main content

Tidur, Yuk! Biar Langsing, eh, Sehat!






Bangun tidur, tidur lagi

Bangun lagi, tidur lagi

Bangunnnn, tidur lagi



Abis bangun terus mandi

Jangan lupa senam pagi

Kalau lupa…. tidur lagi



Sebuah lirik lagu yang ringan dan lucu. Sedikit nyeleneh dengan liriknya yang sederhana namun sangat menghibur. jadi pengen tanya, apa bener, tidur bisa angsing? Tidur tampak seperti kegiatan yang sepele dan tidak membutuhkan usaha atau persiapan apapun. Hanya tinggal rebahan, tempel kepala di atas bantal, dan… have nice dream… sampai jumpa besok pagi.

Ternyata, tidak sesederhana itu, dalam islam saja tidur itu membutuhkan persiapan, ada beberapa adab yang biasa dilakukan Rasulullah menjelang tidur, diantaranya;
  • Waktu tidur yang dianjurkan itu adalah selepas shalat Isya.
  • Hendaknya Anda dalam keadaan suci atau mempunyai wudu.
  • Membersihkan pembaringan terlebih dahulu dari debu, kotoran, atau apapun yang mungkin mengotori tempat tidur dengan cara mengibas dengan sapu lidi, kain, atau telapak tangan.
  • Tidak telungkup, lebih disarankan tidur dengan posisi rusuk kanan sebagai tumpuan.
  • Berdoa dan berdzikir. Dianjurkan juga membaca beberapa ayat-ayat Al-Quran, seperti; ayat Kursi, dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, Al-Ikhlas, An-naas, Al Falaq, ash-Sajdah, dan Al Kafiruun, kemudian di tutup dengan dzikir dan doa sebelum tidur.
  • Mensucikan hati, mengevaluasi diri, dan bertaubat atas apa yang diperbuat sepanjang hari.
  • Boleh deh berdoa juga, kalau nanti bangun tidur bisa langsing 😌, niat banget!

Bersyukurlah jika memang Anda termasuk orang yang tidak memiliki hambatan untuk tidur, baik secara kualitas atau pun durasi tidur. Porsi tidur yang baik untuk orang dewasa tanpa gangguan kesehatan berkisar tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya, menurut National Sleep Foundation. untuk anak-anak juga remaja, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang, dan bayi biasanya memiliki frekuensi tidur yang lebih sering dibanding yang lain. Sedangkan untuk usia diatas 65 tahun atau yang tergolong lansia, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur. Nah, untuk yang lagi pogram diet, silahkan hitung sendiri kebutuhan tidurnya biar bisa langsing.

Kekurangan porsi tidur bisa menjadi salah satu penyebab gangguan hormonal dan metabolisme tubuh tidak stabil. Apalagi, ketika porsi tidur itu berkurang karena terpaksa. Menahan kantuk yang dalam dapat membuat kinerja jantung tidak stabil.

Porsi tidur yang tepat bisa diartikan tidur dengan kualitas yang baik, tidak harus full sembilan jam, karena kondisi fisik setiap orang berbeda. Ada yang cukup dengan enam jam, namun dengan posisi tudur dan kondisi badan yang prima, ia akan bangun dalam kondisi bugar pada pagi harinya.

Tidur berkualitas sangat membantu dalam beberapa hal, sebagai berikut (poin terakhir adalah yang paling asik 😉) :
  • Meningkatkan imun pada tubuh
  • Mengurangi resiko depresi
  • Menjaga kemampuan fisik tetap stabil
  • Menjaga kesehatan jantung dan organ dalam lainnya
  • Menangkal resiko penyakit darah tinggi dan diabetes
  • Menghindarkan resiko stroke dan kerusakan fungsi otak
  • Menjaga konsentrasi, fokus, dan keseimbangan badan
  • Melancarkan regenerasi sel dan metabolism tubuh
  • Pelepasan hormon pengatur nafsu makan
  • Mempertahankan berat badan ideal / tidak cepat naik, siapa tahu banyak Tidur bisa langsing.

Banyak lagi manfaat tidur berkualitas yang bisa Anda rasakan. Berkaitan dengan pengaturan berat badan, pola tidur berkualitas adalah salah satu unsur penting yang harus masuk dalam perencanaan.

Kenapa tidur dapat membantu program diet?
 
  • Pada saat tidur, Anda tidak makan

Mungkin orang akan tersenyum mendengar kata-kata ini, dan membalas, “Iya lah, masa tidur sambil makan!” Nah itu jelas maksudnya, tidur adalah cara yang paling ampuh untuk berhenti makan tanpa menyiksa diri, langsing itu hanya bonus aja, tapi janganlah pula Anda tertidur dalam kondisi perut keroncongan. Jika Anda termasuk orang dengan kemampuan makan sambil tidur, Anda temasuk tipe manusia langka.
 
  • Menahan lapar lebih lama

Pada saat tidur di malam hari, hormon leptin akan bekerja. Leptin bertugas untuk mengontrol rasa lapar dan nafsu makan tertahan hingga Anda terhindar dari keinginan untuk makan berat atau ngemil pada tengah malam.

  • Tidur pun kalori Anda terbakar

Saat tidur, badan pun tetap bekerja. Salah satunya proses pembakaran kalori tetap berjalan. Memang kalori yang terbakar tidak terlalu banyak, hal ini ditentukan oleh berat badan seseorang, masa otot, dan durasi tidur pada malam hari.

  • Aktivitas fisik meningkat

Tidur berkualitas diyakini dapat meningkatkan vitalitas dan produktivitas dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Hal ini terjadi karena pada saat tidur, terjadi relaksasi dan recovery pada ot-otot yang bekerja sepanjang hari, regenerasi sel-sel tubuh, dan mengembalikan konsentrasi dan keseimbangan badan. Hingga pada saat bangun keesokan hari, fisik Anda akan siap untuk menjalani aktivitas dengan semangat.

So, tunggu apa lagi? Ingin langsing, Ayo tidur! 😍 Tidur bisa langsing, NGAREP!😁





Comments

  1. Kebanyakan tidur bukannya tambah bikin gemuk?

    ReplyDelete
  2. Tergantung juga sih 😁 pas tidur mimpi makan apa...🤭

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DIET BERDARAH

Ada penelitian yang mengatakan bahwa golongan darah O itu mempunyai sifat paling kental dibanding dengan golongan darah lainnya. Konon katanya, ini membuat empunya cenderung lebih malas bergerak, cepat mengantuk, dan metabolismenya lambat. Perlu extra gerak badan untuk dapat membuat peredaran darah mengalir cepat, dan mengkonsumsi makanan yang tepat. Kekentalan pada golongan darah O ini jugalah yang membuat diet sulit berhasil. Banyak sekali pantangan makanan untuk pemilik golongan darah O. Tapi apakah benar golongan darah menjadi salah satu penentu keberhasilan diet? Kita cek ricek dulu deh, jenis makan apa saja yang dianggap baik dan dapat dikonsumsi, atau harus dihindari pada masing-masing golongan darah. GOLONGAN DARAH O Perbanyak makanan berprotein tinggi dan makanan yang mengandung vitamin. Seafood, daging merah, minyak zaitun, rumput laut, sayuran hijau, buah dan kacang-kacangan adalah pilihan terbaik untuk yang sedang program penurunan berat badan pada

TELINGA ANTI LAPAR

Pernah saya disarankan oleh seorang teman, untuk menjalani die dengan cara akupuntur telinga. Katanya sih banyak yang berhasil, penasaran dong, murah pula tarifnya. Datanglah saya ke alamat yang teman berikan. Dan memang sangat luar biasa melihat kondisi saat itu. Sebuah klinik yang menempati bangunan rumah besar, di tengah komplek perumahan   elit, dan begitu ramai dengan pengunjung. Disitulah saya baru mengetahui bahwa tempat tersebut adalah klinik kecantikan khusus body shaping dan skincare. Tempat sebesar ini hanya dikelola seorang dokter perempuan setengah baya, dengan puluhan perawat laki-laki dan perempuan, yang lebih mirip seperti karyawan hotel berbintang empat dari pada perawat klinik, semuanya ramah. Tempat nyaman, namun cukup mengerikan ketika mulai memasuki loby. Terdengar suara seperti percikan kabel listrik konslet berulang-ulang, di salah satu ruangan kaca bertirai biru di dalamnya, kadang terlihat juga kilatan-kilatan cahaya seperti petir. Mulailah saya ber